Selasa, 27 September 2016

Materi Elektronika Dasar


Ø Pengertian Elektronika

Elektronika adalah ilmu Pengetahuan dan teknologi yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer,gas,ruang hampa, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya.
Ø Komponen Elektronika
Terdiri dari dua macam :
o   Komponen aktif dan komponen pasif
o   Komponen linear dan non linear

Ø Rangkaian Elektronika :

o   Diskrit dan Integrasi
o   Analog dan Digital

Ø Hubungan Elektronika

1.     Elektronika yang berhubungan dengan ruang hampa
  • Radio lama (kuno) biasanya menggunakan tabung hampa (vacuum tube)


Vacuum tube terdapat 2 jenis diantaranya :
1.     CRT (cathode ray tube)
2.    CRO (cathode ray oscilloscope)

2.    Elektonika yang berhubungan dengan gas
  • Terdapat beberapa tabung-tabung foto jenis gas (gas type phototubes) digunakan industry perfilman
3.    Elektronika yang berhubungan dengan semikonduktor
  • ·  Komponen yang bersifat bahan setengah penghantar Listrik seperti Diode,IC,Transistor

Hukum ohm dalam Elektronika Dasar
A. Teori Hukum ohm
Hukum Ohm ini pertama kali ditemukan oleh George Simon Ohm pada tahun 1825, Awal mula ditemukannya Hukum Ohm ini dikarenakan bagaimana kaitan hambatan listrik suatu penghantar dengan tegangan dan kuat arus listrik yang lalu diselidiki oleh George Simon Ohm.
Sebuah rangkaian listrik terbentuk ketika jalur konduktor dibuat untuk dapat mengalirkan elektron bebas secara terus menerus. gerakan elektron bebas secara terus menerus ini pada sebuah konduktor disebut sebagai Arus (current).Dalam rumus arus disimbolkan dengan I dan memiliki satuan Ampere (A).
Tenaga yang mendorong elektron bebas untuk terus mengalir pada rangkaian disebut tegangan.Tegangan(voltage) adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik.Pada sebuah rangkaian, besar energi potensial yang ada untuk menggerakkan elektron dari titik satu dengan titik yang lainnya merupakan jumlah tegangan.Tegangan memiliki simbol V atau E dengan satuan Volt (V).
Elektron bebas cenderung bergerak melewati konduktor dengan beberapa derajat pergesekan atau bergerak berlawanan. Gerak berlawanan ini yang biasanya disebut dengan Hambatan(Resistance). Hambatan listrik adalah Perbandingan antara tegangan listrik dengan arus listrik yang melewatinya.Dalam rumus Hambatan listrik disimbolkan dengan R dan memiliki satuan Ohm (Ω).

Gambar Diagram Hk.Ohm
Berikut adalah standar unit pengukuran untuk arus listrik, tegangan, dan resistansi:

UNIT
SATUAN
SIMBOL
SIMBOL SATUAN
TEGANGAN
E ATAU V
VOLT
V
ARUS
I
AMPERE
A
HAMBATAN
R
OHM
W



Penemuan pokok Ohm adalah bahwa jumlah arus listrik melalui konduktor logam di sirkuit berbanding lurus dengan tegangan terkesan di atasnya, untuk setiap suhu tertentu. Ohm menyatakan penemuannya dalam bentuk persamaan sederhana, menggambarkan bagaimana tegangan, arus, dan Resistensi saling berhubungan:



Gambar Rumus Hk.Ohm
Dalam contoh pertama ini, kita akan menghitung jumlah arus (I) di sirkuit, nilai-nilai tertentu tegangan (E) dan resistensi (R) :



Berapa jumlah arus (I) di Rangkaian ini?



Dalam contoh kedua ini, kita akan menghitung jumlah hambatan (R) di sirkuit, nilai yang diberikan tegangan (E) dan arus (I) :




Berapa jumlah Hambatan (R) pada rangkaian ini ?


Dalam contoh terakhir, kita akan menghitung jumlah tegangan yang diberikan oleh baterai, nilai yang diberikan arus (I) dan resistensi (R):


Berapa jumlah Tegangan (V) yang di berikan oleh baterai ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar